Kamis, 17 Desember 2009

Survey for ekopang

Wuits,,hari ini hampir menghebohkan anak kostan yg lain. Pasalnya, jam 5.45 aku udah ready to go. Hehe..hari ini kan mau jalan-jalan ke cianjur n bandung, dalam rangka survey to fildtrip ekopang januari mendatang.
Tim yg tergabung dalam kegiatan ini totalnya ada 8 orang plus asisten, dan tambah 1 tim lagi yg gabung di Cianjur yg akhirnya sebagai our guide plus sumber dana kita.hehe.. Tim yg ke 2 ini adalah orang tua salah satu panitia yg ikut survey. Gak tanggung2, ternyata beliau adalah camat di salah satu wilayah cianjur. Hmm..makin nyaman aja perjalanannya..
Tempat pertama yg kita datangi adalah Desa Gasol, di sana ada sentra pengolahan sereal untuk pangan bayi. Mulai dari bahan baku hingga pengepakan terletak di sana. Uniknya, bahan yg di gunakannya adalah organik. Hanya saja pabriknya belum terlalu besar, tadi yg kita temui gak lebih dari 20 orang aja yg bekerja di sana. Ada yg sedang menjemur pisang, ngupasin pisang, menggiling menjadi tepungnya, dan aktivitas lainnya. Libur juga kali yah, jadi sepi.
hmm..uniknya yg baru aku tau, sebagai pengganti pestisida mereka menggunakan buah-buahan yg direndam bersama gula merah dan gula batu. Nah, cairannya nanti bisa disemprotkan ke tanah yg akan di tanami atau ke tanamannya langsung. Katanya cairan itu bisa mengurangi unsur kimia yg terkandung dalam tanah dan bisa menjauhkan tanaman dari hama. Tapi aku belum sempat mencari literaturnya.
Tempat berikutnya yg kita tuju adalah pacet. Di sana kami menemukan kebun stroberi untuk industri. Kalau gak salah namanya stroberindo lestari. Stroberi di sana dipasok ke delapan negara. Kerennya lagi, setiap 2,5 jam sekali dipanen, katanya c disemprot oleh cairan tertentu. Tapi petugas di sana enggan untuk memberikan informasi cairan apa yg digunakan untuk menyemprotnya. Kami fikir ini akan jadi lokasi yg bagus buat fildtrip nanti. Sayang, perusahaan tersebut tidak memberikan izin pada kami. Alasannya banyak, pertama ownernya adalah pengusaha asing, selain itu jenis tanaman yg diusahakan adalah strawaberry, dan tanaman ini amat sangat sensitif dg suhu. So,kalo 100 orang masuk ke sana, akan mengubah suhu ruangan tempat tanamnya. Alasan lainnya terkait dg media transportasi, jalan menuju perusahaan tersebut kecil banget, jadi bis gak bakal masuk. Finally, kami memutuskan untuk tidak merekomendasikan tempat tersebut sebagai tujuan fildtrip.^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar